Bagaimana Membuat Semur jengkol Anti Gagal

Semur jengkol
Semur jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep semur jengkol yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur jengkol yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Bacaan Lainnya

Semur jengkol adalah makanan khas Betawi,Jakarta. Semur jengkol ini adalah makanan yang benar benar popular di kawasan kota Jakarta sehingga telah menyebar ke wilayah Indonesia. Resep semur jengkol pedas, terbayang nikmatnya saat disantap bersama nasi hangat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semur jengkol, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan semur jengkol yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat semur jengkol yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Semur jengkol menggunakan 17 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.


Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Semur jengkol:
  1. Sediakan 1/2 jengkol yang tua(jengkolnya besar2)
  2. Siapkan bumbu halus
  3. Ambil 6 siung bawang merah
  4. Sediakan 4 siung bawang putih
  5. Siapkan 7 buah cabe kriting merah(klo kurang pedas bisa tambah lg)
  6. Ambil 4 butir kemiri
  7. Sediakan 1/2 ruas jahe
  8. Gunakan 1/2 ruas kunyit
  9. Ambil bumbu pelengkap
  10. Siapkan 1 batang sereh geprek
  11. Siapkan 2 lbr daun salam
  12. Sediakan 1 ruas lengkuas geprek
  13. Sediakan 2 sacet kecap manis(sesuaikan selera)
  14. Siapkan 1 btr gula merah(sesuaikan selera)
  15. Sediakan Santan kelapa
  16. Siapkan Garam
  17. Ambil Masako
Baca juga:  Resep Sayur Asem yang Enak Banget

Lihat juga resep Semur Jengkol enak lainnya. Agar bau jengkol berkurang, anda dapat merendam jengkol di air kapur terlebih dahulu dan merebusnya dengan daun jeruk. Am semur jengkol betawi G enak, enak, enak. Khasiat.co.id – Jengkol atau di sebut dengan nama ilmiah Archidendron pauciflorum ini merupakan makanan yang khas berasal dari Asia tenggara yang biasanya diolah menjadi Semur Jengkol.


Cara membuat Semur jengkol:
  1. Rebus jengkol kurleb 1 jam saya rebus kasih kopi item ma daun salam supaya tidak terlalu bau bngt dan soda kue agar cepat empuk
  2. Setelah Jengkol sudah empuk geprek jengkol supaya bumbu meresap
  3. Haluskan semua bumbu kemudian tumis bumbu yang sudah halus tadi
  4. Tambahkan bumbu pelengkap
  5. Masukan jengkol setelah itu campurkan gula merah, santan aduk sampai rata
  6. Setelah air menyusut tambahkan kecap,garam dan masako
  7. Cek rasa sekiranya pas tunggu sedikit agak menyusut lg dan bumbu mengeluarkan minyak
  8. Semur jengkol.siap di sajikan…

Jengkol biasanya diolah dengan cara disemur, digoreng, atau digulai. Nah pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mengulas resep dan cara membuat semur jengkol Betawi dan juga Sunda. Suara.com – Semur Jengkol memiliki penggemar yang tidak sedikit. Food & Beverage Company. setia budy regency Bandung. Find stockbilleder af Semur Jengkol Jengkol Stew One Type i HD og millionvis af andre royaltyfri stockbilleder, illustrationer og vektorer i Shutterstocks samling.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Semur jengkol yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

 

Sumber Resep : https://www.cookpad.com/id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *