Resep Bakpia Pathuk Anti Gagal

Bakpia Pathuk
Bakpia Pathuk

Sedang mencari ide resep bakpia pathuk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bakpia pathuk yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Bacaan Lainnya

Bakpia (Hanacaraka:ꦧꦏ꧀ꦥꦶꦪ ꦥꦛꦸꦏ꧀, bakpia pathuk) adalah kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Bakpia asal mulanya berasal dari daratan Tiongkok. Bakpia pathok (Javanese: ꦧꦏ꧀ꦥꦶꦪ ꦥꦛꦸꦏ꧀, romanized: bakpia pathuk) is a small, round-shaped Chinese-influenced Indonesian sweet roll (bakpia), usually stuffed with mung beans, but have recently come in other fillings as well, e.g. chocolate, durian and cheese.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bakpia pathuk, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bakpia pathuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bakpia pathuk yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bakpia Pathuk menggunakan 20 jenis bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.


Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Bakpia Pathuk:
  1. Sediakan Bahan Isi/Kumbu Kacang Hijau :
  2. Siapkan kacang hijau kupas, cuci bersih lalu rendam 1jam
  3. Ambil santan kental
  4. Siapkan Gula Pasir
  5. Sediakan daun pandan
  6. Siapkan garam
  7. Ambil Bahan Kulit Lapisan 1 :
  8. Ambil tepung terigu segitiga
  9. Sediakan tepung terigu cakra
  10. Sediakan gula pasir
  11. Siapkan garam
  12. Sediakan air
  13. Sediakan minyak goreng
  14. Sediakan Bahan Kulit Lapisan 2 :
  15. Gunakan tepung terigu segitiga
  16. Siapkan minyak goreng
  17. Sediakan minyak goreng
  18. Ambil margarin
  19. Ambil Bahan perendam Kulit
  20. Sediakan minyak goreng
Baca juga:  Resep Dalgona milo susu kedelai Anti Gagal

Penganan bakpia sangat lekat denga kota Yogyakarta. Daerah yang sangat terkenal sebagai sentral pembuatan Bakpia adalah Pathuk. Lihat juga resep Bakpia legong/pathok isi keju enak lainnya. The name Bakpia Pathok comes from the region these desserts are from.


Langkah-langkah menyiapkan Bakpia Pathuk:
  1. Siapkan bahan isi, tiriskan kacang yang sudah direndam lalu kukus selama 30 menit hingga matang dan empuk, haluskan.
  2. Campur gula pasir, kacang hijau, garam, santan kental dan daun pandan. Aduk rata, masak hingga kalis. Angkat dan dinginkan, lalu bagi menjadi 20buah dan bulatkan.
  3. Kulit 1 : Siapkan bahan lalu panaskan air, masukkan gula pasir, aduk hingga gula larut dan dinginkan. Tuang air gula kedalam baskom berisi terigu dan garam.
  4. Ulang hingga rata, lalu tuang minyak goreng dan ule ni hingga kalis
  5. Kulit 2: Campur semua bahan, aduk rata dan sisihkan.
  6. Kulit 1 : yang besar. Kulit 2 : yang kecil. Bagi adonan masing-masing menjadi 20 adonan
  7. Ambil kulit 1, lalu gilas. Lalu letakkan kulit 2 di atasnya dan ratakan.
  8. Lipat seperti amplop, dengan cara melipat kedua sisi kanan dan kiri, lalu sisi atas dan bawahnya. Satukan ujung-ujungnya dan bulatkan.
  9. Setelah semua adonan selesai dibulatkan. Rendam dalam minyak goreng selama 15 menit. Jangan lebih waktu merendamnya, nanti hasil kulitnya terlalu renyah. Setelah 15 menit, pipihkan adonan, gilas dan letakkan isian yang telah dibulatkan ditengahnya. Bulatkan. (Supaya bagian bawah bulatan bakpia tidak tebal, plintir dan buang sisi plintiran nya (step ini saya tidak lakukan))
  10. Pipihkan bulatan adonan, lakukan hingga semua habis. Letakan diatas loyang yang sudah dialasi kertas roti lalu panggang dengan suhu 180dercel selama 15 menit, lalu balik bakpia dan panggang lagu hingga semua sisinya matang. (Saya 30-45menit total memanggang)
  11. Angkat dan siap disajikan
Baca juga:  Resep Chiken Katsu with Saos bolognese, Enak

Pathok is a small area located in the Indonesian city of Yogyakarta. Bakpia sebenarnya berasal dari negeri Cina, aslinya bernama Tou Luk Pia, yang artinya adalah kue pia (kue) kacang hijau. Selain itu pula bakpia mulai diproduksi di kampung Pathuk Yogyakarta. Bakpia Pathok(Chinese:肉饼)are small, round-shaped Indonesian Chinese-influenced sweet rolls (bakpia), usually stuffed with mung beans, but have recently come in other fillings as well (e.g. chocolate, durian, and even cheese). Umumnya, Bakpia Pathuk dikemas dalam kemasan kardus kecil dengan tulisan angka-angka tertentu di bagian atasnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Bakpia Pathuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Sumber Resep : https://www.cookpad.com/id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *