Resep Putu ayu Anti Gagal

Putu ayu
Putu ayu

Anda sedang mencari inspirasi resep putu ayu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal putu ayu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Bacaan Lainnya

Kue tradisional putu ayu memiliki rasa yang lezat dan bertekstur lembut, sehingga tak heran jika hingga kini masih sangat popular di kalangan masyarakat. Lihat juga resep Putu Ayu Pelangi enak lainnya. Salah satu jenis kue basah yang satu ini tentunya Anda kenal?

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari putu ayu, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan putu ayu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah putu ayu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Putu ayu menggunakan 18 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.


Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Putu ayu:
  1. Ambil Bahan A
  2. Ambil 4 butir telur
  3. Sediakan 260 gr gula pasir
  4. Ambil 1 sdt vanili bubuk (pakai yg kemasan rencengan, pakai 2 bungkus)
  5. Siapkan 1 sdt SP
  6. Gunakan Bahan B
  7. Ambil 400 gram tepung terigu (pakai terigu curah)
  8. Gunakan 1 sdt baking powder
  9. Ambil Sejumput garam
  10. Ambil Bahan C
  11. Gunakan 200 ml air
  12. Gunakan 200 ml santan kental
  13. Sediakan 2 sdt pasta pandan
  14. Gunakan Bahan D
  15. Siapkan 1 butir kepala parut (pilih yang gk terlalu muda/tua)
  16. Ambil 1/2 sdt garam
  17. Gunakan 2 sdm tepung maizena
  18. Gunakan olesan secukupnya Minyak untuk
Baca juga:  Resep Pisang Goreng crispy Anti Gagal

Cara Membuat Kue Putu Ayu Original. Kue putu ayu biasanya berbentuk bunga dan memiliki warna cerah seperti merah muda, hijau dengan sedikit hiasan berwarna putih. Berikut ini berbagai resep putu ayu yang bisa kamu buat di rumah. Cetakan putu ayu di oles dengan minyak.


Langkah-langkah membuat Putu ayu:
  1. Siapkan semua bahan, termasuk parutan kelapa yg sudah dicampur dengan tepung maizena dan garam, yg sebelumnya dikukus terlebih dan di dinginkan
  2. Campurkan bahan B dan bahan C, masing masing dalam wadah terpisah
  3. Campurkan Bahan A lalu mixer dengan kecepatan tinggi sampai kaku dan berjejak
  4. Tambahkan sedikit demi sedikit scr bergantian bahan B dan Bahan C ke dalam Bahan A, sy masukkan bertahap sampai 3 kali
  5. Aduk asal rata jangan terlalu lama, bisa dengan mixer kecepatan rendah. Olesi cetakan dengan minyak dan beri parutan kelapa, sambil panaskan kukusan diatas kompor
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah diberi parutan kelapa, lalu kukus selama ±12 menit, dengan api sedang
  7. Jika sudah matang angkat dan keluarkan dari cetakan, selanjutnya bisa dikemas di dalam plastik atau mika kecil kecil❤

Tuang adonan diatas kelapa sampai penuh. Putu Ayu is one of the popular street food and snacks in Indonesia. It is so much easier to make I happened to have purple yam (ube) at home and so that’s what I used to make this putu ayu. Kue putu ayu ini sangat populer di tengah-tenagh masyarakat, oleh sebab itu kue yang satu ini sangat mudah didapatkan, dimana anda bisa membelinya di pasar atau toko kue terdekat. Letak keistimewaan kue putu ayu terletak pada isinya yang berupa gula jawa pada tengahnya.

Baca juga:  Resep Gulai daun singkong telur yang Menggugah Selera

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Putu ayu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

 

Sumber Resep : https://www.cookpad.com/id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *