Bagaimana Menyiapkan Ayam penyet sambal kurma yang Lezat Sekali

Ayam penyet sambal kurma
Ayam penyet sambal kurma

Anda sedang mencari ide resep ayam penyet sambal kurma yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam penyet sambal kurma yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam penyet sambal kurma, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam penyet sambal kurma yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Ayam penyet adalah masakan yang berbahan dasar daging ayam dan sambal. Saat ini sudah banyak warung makan yang menyediakan menu tersebut. Namun, hal itu tidak menghalangi Anda untuk bisa memasak sendiri di rumah.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam penyet sambal kurma yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam penyet sambal kurma memakai 25 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.


Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam penyet sambal kurma:
  1. Sediakan 500 gr ayam potong
  2. Gunakan 2 lbr daun salam
  3. Siapkan 2 batang sereh, geprek
  4. Sediakan 3 lbr daun jeruk
  5. Siapkan 2 cm lengkuas, geprek
  6. Ambil 100 ml santan kental
  7. Ambil 350 ml air matang
  8. Ambil Minyak untuk menumis bumbu halus
  9. Sediakan Bumbu halus ayam
  10. Siapkan 4 siung bawang putih
  11. Sediakan 8 siung bawang merah
  12. Ambil 1 ruas kunyit
  13. Ambil 1 sdt ketumbar
  14. Siapkan Garam
  15. Gunakan Gula
  16. Sediakan Kaldu jamur
  17. Sediakan Bahan sambal kurma
  18. Ambil 3 buah kurma, buang bijinya
  19. Siapkan 8 buah cabai rawit merah
  20. Sediakan 4 buah cabai merah keriting
  21. Siapkan 1 siung bawang putih
  22. Ambil 3 siung bawang merah
  23. Ambil 1/2 sdt terasi bakar
  24. Ambil Garam
  25. Gunakan 2 sdm Minyak
Baca juga:  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Dadar gulung coklat yang Enak Banget

Resep Ayam Penyet – Ayam penyet merupakan makan yang sekilas mirip dengan lalapan. Namun, yang membedakan ayam penyet dengan lalapan lainnya yakni ayamnya yang sudah dipenyet dengan sambel. Ayam penyet cukup populer di kalangan pecinta kuliner pedas karena penyajiannya yang. Dapat pula makan dengan ayam penyet garing.


Cara membuat Ayam penyet sambal kurma:
  1. Ayam ungkep: haluskan bumbu ungkep ayam + sedikit minyak, tidak usah menambahkan air ya. Tumis bumbu halus + sereh, daun jeruk, dan daun salam hingga wangi dan berubah warna. Masukkan ayam, diikuti dengan santan dan air. Tes rasa, Aduk rata. Ungkep sampai ayam matang dan air menyusut.
  2. Setelah kuah menyusut, matikan kompor, siapkan wajan berisi minyak. Goreng ayam hingga keemasan. Sisihkan
  3. Sambal kurma : cuci bersih cabai dan bawang. Potong kecil agar mudah saat menumis. Panaskan minyak, tumis cabai, kurma dan bawang hingga wangi dan agak layu. Diamkan sebentar.
  4. Uleg tumisan sambal + terasi serta garam sampai halus. Kemudian tumis lagi sebentar sambal tersebut. Beri potongan kecil kurma (optional ya)
  5. Sajikan di piring ditambah dengan lalapan.. hati2 yaa ini sambal pedes banget lho meskipun udah pakai kurma juga

Bila dah suka, bolehlah cuba masak sendiri menu ni di rumah. resep ayam penyet dan cara membuat ayam goreng sambal penyet lengkap bahan bikin sambal terasi untuk penyetan serta resep ayam goreng penyet sambal pedas enak. Cara Memasak Resep Ayam Penyet Sambal Terasi Pedas Nikmat. Resep Membuat Ayam Penyet Gurih – Masakan ayam memang begitu variatif dan selalu tersaji dengan cita rasa gurih dan sedap seperti yang satu ini Jenis masakan ayam goreng ini memiliki cara penyajian yang unik di mana ayam di campur dengan sambal penyet setelah digoreng kemudian. Pedasnya sambal ayam penyet sangat cocok bagi Anda pecinta kuliner pedas super gila. Anda pun bisa mematok tingkat kepedasan sendiri.

Baca juga:  Resep Nasi Lengko yang Sempurna

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam penyet sambal kurma yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

 

Sumber Resep : https://www.cookpad.com/id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *