Resep Jangan Lombok Pete / Sayur Cabai yang Enak

Jangan Lombok Pete / Sayur Cabai
Jangan Lombok Pete / Sayur Cabai

Lagi mencari ide resep jangan lombok pete / sayur cabai yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal jangan lombok pete / sayur cabai yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari jangan lombok pete / sayur cabai, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan jangan lombok pete / sayur cabai enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Bikin resep masakan apa hari ini? Masakan yang sederhana tapi bisa membuat selera makan berlipat saat dipadukan dengan nasi hangat, namanya adalah sayur. Kali ini yzmalicious sharing salah satu menu masakan nusantara yang berasal dari Gunungkidul, Yogyakarta yaitu Jangan Lombok (Sayur Cabe Hijau).

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat jangan lombok pete / sayur cabai yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Jangan Lombok Pete / Sayur Cabai menggunakan 16 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.


Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Jangan Lombok Pete / Sayur Cabai:
  1. Ambil Tempe secukupnya, potong sesuai selera
  2. Siapkan 2 papan pete, Potong kecil2
  3. Gunakan secukupnya Daun melinjo
  4. Ambil secukupnya Minyak
  5. Ambil Bumbu
  6. Siapkan 3 siung bawang merah
  7. Gunakan 3 siung bawang putih
  8. Sediakan 7 buah cabai besar hijau
  9. Ambil 5 buah cabai keriting merah
  10. Sediakan 3 buah cabai rawit merah
  11. Gunakan 1 ruas lengkuas, geprek
  12. Ambil 3 lbr daun salam
  13. Gunakan 1 buah santan kara kecil uk.65ml
  14. Ambil secukupnya Garam
  15. Sediakan secukupnya Gula
  16. Sediakan secukupnya Air
Baca juga:  Langkah Mudah untuk Membuat Cucur Bawang featuring Kuah Cuko Anti Gagal

Asal: Wonogiri dan daerah Gunung Kidul. Jangan yang berasal dari bahasa Jawa berarti “Sayur” dalam bahasa Indonesia. Jadi resep ini artinya Sayur Lombok Ijo. Saat ini, permintaan sayur dari masyarakat lebih banyak dari stok sayur yang tersedia di kebunnya.


Langkah-langkah menyiapkan Jangan Lombok Pete / Sayur Cabai:
  1. Iris semua bumbu, sisihkan
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu masukkan satu persatu hingga harum, aduk jgn sampai hangus yes
  3. Masukan Pete, daun melinjo dan tempe aduk rata, lalu tambahkan air secukupnya
  4. Tunggu hingga mendidih, lalu tambahkan santan, aduk rata
  5. Beri garam dan gula, koreksi rasa
  6. Jika sudah mendidih (jangan sampai santai pecah klo bisa), angkat dan sajikan..
  7. Jangan Lombok ini ala aku yes, yg asli nya entah bumbu nya sama atau ada yg kurang mohon maaf ya

Selain menanam sawi, ia mulai menanam tomat, terung, wortel, cabai, kacang panjang, pokcoy. “Harapannya dengan tambah jenis sayur-mayur ini, penghasilan bisa bertambah. Jangan lupakan beberapa makanan khas Lombok yang akan MakananOlehOleh.com tampilkan Baluran bumbu sambal yang berpadu dengan cabai rawit membuat makanan ini sekilas sangat Makanan khas Lombok mempunyai bentuk yang beragam, mulai dari sayur-sayuran, sate, hingga. Sajian sayur bersantan ini sangat gurih, segar, namun rasanya ringan. Jika suka bisa ditambahkan pete atau petai, maka sayur lodeh akan terasa lebih mantap dan sedap. Sayur Ares merupakan makanan khas Lombok yang berbahan dasar inti batang pohon pisang.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Jangan Lombok Pete / Sayur Cabai yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga:  Resep Sayur Daun Singkong Sedap, Enak Banget

 

Sumber Resep : https://www.cookpad.com/id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *