Semur Jengkol Khas Betawi

Sedang mencari inspirasi resep semur jengkol khas betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur jengkol khas betawi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur jengkol khas betawi, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan semur jengkol khas betawi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan semur jengkol khas betawi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Semur Jengkol Khas Betawi memakai 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Semur Jengkol Khas Betawi:
  1. Sediakan 250 gr jengkol siap masak
  2. Siapkan 2 lembar daun salam
  3. Sediakan 2 cm lengkuas
  4. Siapkan 2 sdm kecap manis (sesuai selera)
  5. Siapkan 2 cm lengkuas
  6. Gunakan 1 cm kunyit
  7. Sediakan 1 cm kayumanis
  8. Siapkan 1 bh serai
  9. Ambil 1/2 sdt merica bubuk
  10. Ambil 1/4 sdt pala bubuk
  11. Sediakan 5 sdm minyak untuk menumis
  12. Gunakan 150 ml air
  13. Siapkan Sejumput jinten
  14. Sediakan Secukupnya gula, garam, kaldu jamur
  15. Siapkan Bumbu halus:
  16. Ambil 5 bh cabe merah
  17. Ambil 5 bh cabe rawit
  18. Siapkan 5 siung bawang merah
  19. Siapkan 3 siung bawang putih
  20. Gunakan 2 bh kemiri, sangrai

Cara menyiapkan Semur Jengkol Khas Betawi:
  1. Siapkan bahan dan bumbu. Pipihkan jengkol dengan ulekan tapi jangan sampai hancur. Ulek/ blender bumbu halus.
  2. Tumis bumbu halus bersama sereh, lengkuas, daun salam, jinten dan kayu manis sampai harum. Masukkan jengkol aduk rata. Tambahkan gula, garam merica bubuk dan kaldu jamur, masak sampai minyak berkurang.
  3. Masukkan air dan kecap manis. Koreksi rasa. Masak sampai bumbu mengental dan meresap.
  4. Siapkan Bahan garnish: kunyit, kayu manis, daun bawang, daun kemangi,cabe, boncabe bubuk, saus tomat. Alat yang digunakan sendok, saringan teh dan piping bag.
  5. Siap disajikan dalam art on plate sesuai dengan kreatifitas. Revisi pertama: alasnya pakai warna hitam. Kedua: tambah nuansa merah.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Semur Jengkol Khas Betawi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!